Sunday, April 14, 2013

Presentation tips&tricks.

Hello. Bogor, rainy, evening. Hujan kembali :') Hari ini saya dan kelompok PKM-M, Little Farmer, kembali mengikuti kegiatan MONEV di tingkat IPB. Kami mendapatkan giliran presentasi pukul satu empat puluh di siang ini. Datanglah saya dan pacar (ok, he came this morning, like usual, suddenly appear, surprise, annoyed but lovely), ke ruang presentasi, Suri seketika membatalkan diri hadir, Daus masih berada di jalan sampai pada saat saya maju siap untuk presentasi, dia datang, in last minute. Presentasi kali ini not really well prepare, komentar dari pembimbing, tidak-tidak ada yang buruk, mereka secara keseluruhan mendukung. Hanya saja memang ada beberapa hal teknis yang saya rasa belum dipersiapkan. Dimulai dengan, no print out untuk log book (sejenis laporan per kegiatan), no laptop karena saya pikir akan disediakan, lucky me, bertemu Teki yang bersedia meminjamkan laptopnya, beberapa hal yang ada namun kurang dijelaskan, well ya my fault dan lain sebagainya.

Almamater ku, Institut Pertanian Bogor. Btw, that Harvard pen is from ka Ume, she just came back from Harvard for MUN last February. Thanks ka!

Today's presentation for Little Farmer me, Daus and lecturers. Captured by my bf, gracias! 

I just wanna remind my self and all of you for sure, well preparation before presentation is really needed.
Ada beberapa hal yang membuat saya merasa sukses dalam presentasi:
1. Watch out your outfit, hair and make up! Seriously, ini adalah hal yang penting. Pakailah atasan dan bawahan yang membuat Anda nyaman dan percaya diri, mind your shoes, jangan sampe karena pake wedges atau heels ngebuat kamu pegel dan kesandung. For hair, jangan biarkan rambut kamu keliatan lepek karena keringat atau acak-acakan karena kena angin pas naik ojek ke tempat presentasi. Make up, pilih yang simple dan mudah untuk di touch up, for me, eye liner, mascara, lip gloss, and powder are comfort enough.
2. Prepare your slide and practice! Pastinya menguasai materi itu penting banget. Buat slide jangan asal! Make an outline and point. Kaitannya adalah kalo kamu paham materi dan bisa menjelaskan slide yang hanya berbentuk point dengan jelas, then you are truly good on it! And practice. Kalo saya kadang lupa latihan, well yeah, omongannya ngalur ngidul kemana-mana. Tapi kalo udah latihan pasti kira-kira nyangkut sama batasan apa aja yang harus di omongin nantinya.
3. Confidence! No matter what, you can stand in front of the audiences is because you can and capable on it. So, break a leg!
4. How about Q & A session? Nggak usah khawatir, salah satu trik yang sering saya gunakan adalah jawab apa yang Anda tahu, pandang matanya, senyum ke arahnya, dan anggukan kepala Anda untuk meyakinkan, maka penanya akan ikut mengiyakan. Some of my experiences taught me so hihi ;;)
4. Selamat mencoba tips&tricks presentasi berdasarkan pengalaman saya! -@fadilamh

No comments: