Sunday, August 26, 2012

NanaKurusSekali


Ini namanya Ratna Rucitra, biasanya dipanggil Nana, sama gue dipanggil NanaKurusSekali. Nggak bohong deh, entah gimana caranya, Nana semakin kurus, apalagi setelah lama nggak ketemu. Padahal nih ya, yang gue tahu, Nana itu kalo makan porsi kuli, juara juara! Gue aja heran. Tapi mengapa dia nggak pernah gemuk? Entah. Bukan itu yang mau gue bahas di sini. Gue mau bahas Nana dan semua yang ada dirinya, yang nggak semua orang punya. Nana itu supel, stay cool setiap saat, ringkih sangking kurusnya, tabah, nggak pernah ngeluh, suka neraktir orang secara tiba-tiba, simple nggak gaul, ngerasa orang lemah padahal nggak sama sekali, puya segudang pikiran dan masalah yang cuma di share seper sekiannya, suka beres-beres banget!, mau nikah sama orang yang nanti jadi jodohnya, daaaaan masih dalam pencarian jodoh. Seriously! People do, right? Gue kenal sama Nana nggak lama kok, dia temen sekelas waktu kelas 3 SMA, deket banget? Nggak kok, cuma sekedar tegur sapa. Tapi Nana selalu baik, dia selalu bantuin gue kalo ada hafalan surat-surat pas pelajaran Agama, pasti dia tiba-tiba dateng dan bisikin gue kalo gue lupa, sampe-sampe dimarahin bu Intan, guru Agama Islam kita di SMA. Hmm, terus Nana itu nggak neko-neko, rambutnya dulu pernah panjaaaaang banget pas di SMA, dan tiba-tiba rambutnya seketika bondol kaya cowo, sedih nggak sih? Hahaha well gue juga pernah sih. Pas ditanya kenapa di potong, kata dia biar ringan aja. Tapi, sekarang Nana udah pake kerudungan, udah cantik :) Kita jarang ngobrol di kelas maupun di luar. Sampe suatu kali kita sama-sama ketemu di ruang Bimbingan Konseling, kita sama-sama daftar jalur USMI IPB, belum tau sih bakal lolos atau nggak waktu itu, tapi yang pasti kita pernah ngobrolin gini nih:
F: Eh Na, udah liat brosurnya asrama di IPB belum? Nanti kita bakalo di asrama lho selama satu tahun.
N: Oya? Wah seru tuh ya.
F: Iya pasti seru. Nanti kalo boleh milih kamar, kita sekamar aja Na, hehe kalo lolos sih tapi hehe
N: Iya sih. Amin. Kan enak nggak usah mikirin harus masuk mana kalo udah lolos ini ya.
F: Iya asik ih, nggak jauh juga kan dari Jakarta, jadi gampang deh.

Dan beberapa hari kemudian, ada pengumuman, kedua kalinya kita ngobrolin hal yang sama dan nyambung adalah pas hari pengumuman, karena kita berdua sama-sama lolos jalur USMI IPB, seneng? Seneng lah. Gue kira bakal nggak punya temen pas pertama ke IPB nanti, eh ternyata ada Nana. Iya ada Nana yang selalu nyamperin ke kamar asrama gue buat cari makan bareng atau sekedar ngasih surprise ulang tahun barengan sama anak-anak yang lain. Nana itu...... tempat cerita yang juara asiknya. Nana itu........ such a good listener and also advicer. Nana itu......... sederhana. Sesederhana gimana dia menyapa orang dan tersenyum. Gue suka dengerin cerita-ceritanya, masalah-masalahnya, bahkan bagaimana dia menanti jodohnya hehe. Gue suka karena dia adalah orang yang dari matanya selalu ada ketulusan. Kamu terlihat ringkih, Na, tapi kamu kuat di dalamnya. Selalu. Terimakasih Nana, udah jadi sahabat yang baik, yang walaupun sekarang ini kita jarang ketemu karena sibuk sama kuliah masing-masing. Makasih Nana udah neraktirin aku ramen yang enak dan big portion itu. Makasih Nana :)

Regards,

FMH
...

No comments: